Sabtu, 26 Mei 2012

Farmakokinetik : Distribusi

,

      Dalam mempelajari Nasib obat dalam tubuh terdapat 3 fase yang meliputi fase biofarmasetik, fase farmakokinetik, dan fase farmakodinamik.

       Secara singkat fase biofarmasetik adalah fase dimana semua hal yang terkait dengan pengaruh-pengaruh pembuatan sediaan terhadap kegiatan terapeutik obat. Fase ini meliputi waktu awal penggunaan obat melalui mulut hingga pelepasan zat aktifnya menuju ke cairan tubuh.

      Farmakokinetik dapat didefinisikan sebagai pengaruh tubuh terhadap obat yang meliputi proses ADME yaitu Absorpsi, Distribusi, Metabolisme/ Biotransformasi, dan Ekskresi.

     Sedangkan Farmakodinamik dapat didefinisikan sebagai pengaruh obat terhadap tubuh. Yang dimaksud dengan pengaruh disini adalah bagaimana obat tersebut dapat mempengaruhi aspek fisiologis ataupun biokimia dalam tubuh.

     Dalam tulisan ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Distribusi obat dalam tubuh. Distribusi merupakan perpindahan obat dari sirkulasi sistemik menuju ke suatu tempat dalam tubuh baik itu cairan maupun jaringan-jaringan tubuh. Tempat distribusi adalah cairan pada berbagai jaringan yaitu protein plasma, hati, ginjal, tulang, lemak, barrier darah otak, barrier plasenta. Sedangkan mekanisme transpor dari molekul obat tersebut apat melalui difusi pasif, transpor konvektif, maupun pinositosis.

     Telah diketahui sebelumnya bahwa molekul obat setelah diabsorpsi dari tempat aplikasinya akan menuju ke sirkulasi sistemik, dalam sirkulasi sistemik ini molekul obat akan berikatan dengan protein pembawa (α-Glikoprotein dan Albumin). Selain molekul obat yang berikatan dengan protein plasma ini juga terdapat molekul obat bebas ; yaitu molekul obat yang tidak berikatan dengan protein pembawa. Obat dalam bentuk bebas ini dapat langsung menuju ke reseptor dalam jaringan, sedangkan molekul obat yang berikatan dengan protein pembawa akan sulit untuk berikatan dengan reseptor dalam jaringan. Hal ini diakibatkan karena molekul obat yang berikatan dengan protein pembawa memiliki ukuran yang lebih besar daripada obat bebas.


Kata-kata terkait : Biokimia

0 komentar to “Farmakokinetik : Distribusi”

Posting Komentar

 

Just an Ideas and Creativity Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates